Total Tayangan Halaman

Minggu, 01 Mei 2011

Imigran Gelap Diamankan Polisi Gunungkidul


Imigran Gelap Diamankan Polisi
GUNUNGKIDUL- Sebanyak delapan imigran gelap asal Iran diamankan Kepolisian Resort Gunungkidul, Yogyakarta, sekitar pukul 15.00 siang tadi di pantai Gesing kecamatan Panggang, mereka diduga akan berlayar menuju kepulau christmas australia, sebagian besar tidak membawa dokumen.
Berdasarkan informasi yang dihimpun , kedelapan imigran tersebut didaratkan oleh salah satu perahu jukung lokal bertuliskan “ Rizki Barokah” diantarkan dari pantai glagah menuju pantai gesing. Sementara perahu misterius itu langsung meninggalkan pantai setelah menurunkan kedelapan imigran tersebut. Supardi, nelayan pantai Gesing yang mengetahui keberadaan imigran tersebut mengaku kaget ketika melihat orang asing di sekitar pantai gesing. Akhirnya dia melapor ke Mapolsek setempat untuk ditindaklanjuti.
Mereka yang berhasil diamankan masing-masing, Abbis Zahirin (27), Hassan Tolibi Khanahi (22), Mohamad Maliki (27), Nasar Aslam (35), asqar Talai (33), AliAzhar JafarBatiht (33), Mahdi Baedi Mashady Nejach (27), dan Hassein Shahi Sayadi (27), semua berkebangsaan Iran.
Salah seorang imigran bernama Hassan Tolibi Khanahi dalam pemeriksaan kepolisian mengungkapkan, kapal besar yang berhasil meloloskan diri jumlahnya lebih banyak. Sebagian besar imigran menggunakan bahasa persia, dan mengaku sebagai turis yang sedang berlibur ke Indonesia.
“Mungkin jumlahnya puluhan, karena saya tidak mungkin menghitung satu persatu “ kata Hassan dengan menggunakan bahasa inggris kepada wartawan 25/4/2011
Menurut kapolres Gunungkidul Asep Nalalludin, menjelaskan, dari delapan imigran asal iran ini, tiga diantaranya memiliki paspor.
“ada dua kemungkinan, yang pertama mereka meninggalkan pulau christmas karena disana sedang ada razia, atau sebaliknya mereka akan menuju kesana”kata Asep
Lebih lanjut, asep, menjelaskan penanggkapan ini wujud dari kerjasama anatar polisi dengan masyrakat yang sudah mulai sadar, bahwa membantu imigran gelap ialah perbuatan melanggar hukum.
“informasi ini diperoleh dari warga sekitar, dan langsung memberitahukan kepada kami”imbuhnya
Saat ini kedelapan imigran masih berada di mapolres menunggu proses, untuk dibawa ke imigrasi Yogyakarta. Sebagai informasi hari ini dibantul juga diamankan 6 orang berasal dari Iran, saat ini masih berada di polair pantai Depok

Tidak ada komentar:

Posting Komentar