Total Tayangan Halaman

Kamis, 19 Agustus 2010

Ratusan Hektar Sawah Diserang Tikus

                                                                petani menunjukkan sarang tikus
Seputar Gunungkidul-  Ketua gabungan kelompok tani Sido Rahayu Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta, Bakri, di Playen mengatakan serangan tikus terjadi dalam satu bulan terakhir dan telah menyerang lahan palawija seluas 120 hektar.
     Dia mengatakan lahan yang terkena serangan tikus hampir merata di Desa Playen dengan lahan yang  terparah di Dusun Bleberan.
     "Serangan tikus terjadi hampir merata di seluruh Kecamatan Playen namun yang terparah adalah Desa Bleberan, Desa Bogor dan Desa Banaran," unkapnya.
     Tikus menyerang tanaman palawija, singkong, padi dan tanaman pakan ternak. menurutnya "Tikus sepertinya kepalaran karena yang diserang adalah tanaman pangan misal singkong, jagung dan padi serta kolonjono     Sampai sejauh ini upaya untuk menghentikan serangan tikus masih dilakukan dengan cara tradisional dan perseorangan. "Beberapa petani sudah mengupayakan pengendalian serangan tikus dengan cara tardisional misal dengan menyumpal lobang tikus dengan kotoran sapi sedangkan upaya ‘gropyokan" secara serentak sampai saat ini belum dilakukan," katanya.
     Pada bagian lain, salah satu petani di Banaran, Playen, Sumarno, mengatakan serangan tikus mencapai 20 % dari total lahan yang mencapai 600 hektar. "kebanyakan tanaman yang diserang adalah padi dan kacang ijo," katanya.
     Dia menambahkan telah mengupayakan penanggulangan serangan tikus dengan obat namun populasi tikus yang sangat cepat membuat petani merasa kewalahan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar